Aksi Safari Subuh Bersamai Masyarakat di Berbagai Masjid di Nusantara

Aksi Safari Subuh sapa sejumlah daerah di Indonesia. Lewat aksi ini, amanah para dermawan turut membersamai masyarakat di sekitar lokasi kegiatan melalui sejumlah kegiatan seperti kajian, sampai distribusi makanan siap saji.

Aksi Safari Subuh Bersamai Masyarakat di Berbagai Masjid di Nusantara

Update : 24 Nov 2021 16:31

ACTNews, JAKARTA UTARA, BALIKPAPAN, BANJAR BARU, PADANG – Beragam kegiatan dari Aksi Safari Subuh dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyapa berabagai daerah di Indonesia. Program yang menghadirkan kajian, hingga distribusi makanan siap saji ini, turut menambah semangat masyarakat yang tengah menjalani ibadah subuh.

Aksi di antaranya berlangsung di Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Balikpapan Kalimantan Timur, Padang Sumatra Barat, serta Kecamatan Koja, Jakarta Utara. “Program ini dilaksanakan untuk membersamai umat khususnya jemaah masjid dan warga sekitar yang sudah mulai beraktivitas ketika menjelang subuh dan sebelum terbitnya matahari. Dan Aksi Safari Subuh merupakan salah satu kolaborasi yang kesekian kali bersama dengan pengurus masjid,” jelas Kepala Cabang ACT Jakarta Utara Mohammad Irfan di tengah Safari Subuh yang dihelat di Masjid Assuada pada Ahad (21/11/2021).

Jemaah serta masyarakat pun antusias menyambut adanya kegiatan ini. Salah satunya diungkapkan oleh H. Aswat Sebagai pengurus Masjid Jami’ Al Ula di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Semoga Aksi Safari Subuh ini bisa memperkuat solidaritas umat dalam beribadah khususnya waktu subuh. Oerlu diketahui juga bahwa masjid Jami Al-Ula merupakan masjid pertama dan tertua di Balikpapan juga masjid ini terletak di arus kegiatan perekonomian pada zaman Belanda dulu sehingga masjid ini dibangun berdasarkan gotong-royong dari saudagar dan pelancong dari luar,” ujarnya pada Selasa (23/11/2021) lalu.

06259f6d26e4e324f569564eed59f1f0.jpg

Di hari yang sama, berkah juga ditebarkan bagi para pedagang sekitar masjid Masjid Al Muttaqin, Kota Padang. Selain dukungan makanan dari para dermawan dan pihak masjid, tim juga memborong bubur ayam yang dijual pedagang sekitar, kemudian mendistribusikannya.

Aksi ini pun menuai apresiasi dari Buya Mardanius sebagai pengurus masjid. "Ini luarbiasa. ACT ini selain mengurusi kebencanaan dan kepedulian ke luar negeri tapi juga mengurusi sarapan pagi kami, alhamdulillah," katanya.

Kebersamaan juga terlihat di Masjid Babus Salam, Kota Banjar Baru. Selepas subuh, masyarakat mengawali pagi dengan sarapan bersama yang dihelat oleh ACT Kalimantan Selatan pada Jumat (19/11/2021). “Ini sangat membantu kita dalam mencari nafkah. Sembari menunggu dagangan siap, saya rutin shalat subuh di sini,” ucap Juniarto, salah seorang jemaah yang sehari-hari berjualan makanan ringan.

Ada ratusan makanan siap saji yang ddistribusikan di setiap titiknya pada hari itu. Selain dari wilayah-wilayah yang tersebut di atas, Aksi Safari Subuh juga terus berjalan di berbagai daerah lain di Indonesia dan bakan terus berlanjut ke depannya. Sedekah Sekarang

Rekomendasi Lainnya